Namanya Juga Buruh

Sebenarnya sudah hampir 6 bulan memiliki rutinitas yang bisa dibilang ‘profesional’ di mana beraktivitas mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore selama 5 hari dalam seminggu, baik di dalam maupun di luar ruangan dengan satu tujuan yakni membantu perorangan atau korporat mengais keuntungan sebanyak-banyaknya dan sesering-seringnya. Tapi kalo lagi dituntut padatnya jadwal kegiatan di weekend ya tetep aja masuk bos. *apes* Meskipun tidak ada juga hasrat untuk pamer sana-sini perihal pekerjaan yang sedang saya lakukan karena masih banyak orang di luar sana kurang begitu paham dengan pekerjaan saya. Entah saya yang tidak pandai menjelaskan atau lawan bicara saya yang terlampau mengkotak-kotakan profesi sebatas itu-itu saja yang mereka ketahui. Namun sepertinya lebih kepada saya sendiri yang tidak mau orang lain tau apa yang sedang saya kerjakan terlebih pekerjaan saya. Buat saya ngga penting, orang lain tau apa ngga juga ngga akan menambah nominal rupiah di rekening saya. Jadi ya santai aja. Ngga ngefek juga. Hehehe….

Memutuskan untuk ‘nyemplung’ dalam rutinitas yang tengah saya kerjakan bukanlah keputusan yang sulit awalnya. Karena mengetahui stigma sosial di mana setelah wisuda ya seharusnya menghasilkan bukan malah nongkrong di depan televisi sambil menyalahkan negara. Ya, itu salah satu trigger saya mengambil kesempatan ini. Selain itu supaya tetap bisa foya-foya tanpa harus merecoki anggaran Ibu Rumah Tangga karena setiap awal bulan mampu mendapatkan upah selayaknya buruh. Foya-foya dengan mampu membeli keperluan pribadi dan rumah tangga saja sudah cukup bahagia. Ditambah bisa makan di tempat berpendingin ruangan sambil haha—hihi dengan teman senasib menjadi bonus di setiap bulannya.

Punya aktivitas kayak gini aja ngerasa udah bikin lelah dan lebih sering mengeluh. Padahal pengennya kaya tapi masa ngga mau kerja. Duh. Tapi beruntungnya punya partner kerja yang menyenangkan untuk berbagi kekesalan dan menertawai keadaan. Apalagi kalo udah mau menuju akhir bulan, bawaannya kesal. Dan kekesalan itu bisa diredam dengan ritual yang kerap kami lakukan yaitu jajan—mulai dari recehan kayak bakso tusuk, cilok, batagor sampai dengan level-level mengenyangkan kayak yammie panda, hokben, dan ichiban sushi yang tetep dijabanin meskipun akhir bulan. Agak seret ngeluarin anggarannya tapi selalu kami terjang asal buat mood jadi senang. Itu udah jadi santapan yang holy grail banget buat kami karena setiap abis makan selalu happy meskipun tidak berpengaruh juga terhadap beban pekerjaan kami. Tapi yaudalaya….

Ya samalah kayak pekerja-pekerja lainnya, kadang beban kerjaan suka bikin down dan ngerasa kalo ini bisa ngga sih dikerjain, kira-kira target ngga sih, atau bisa selesei ngga ya sebelum deadline. Ditambah lagi kalo lagi bosen dan diomelin atasan. Paket kombo sih kalo ini. Tapi selama punya jalan pintas buat nyikapinnya sih okelah. Masih bisa meratapi kekesalan dengan candaan itu bagi saya sehat. Meski ngga sehat-sehat amatlah. Tapi ngaruh dan ngebantu banget buat mood kerja tiap harinya. Jadi, buat teman-teman di luar sana yang memiliki keluhan serupa maka bersosialisasilah dan jangan terlalu overthingking. Dan yang jauh lebih beruntung karena udah mantul dengan apa yang dikerjakan sesuai keinginan jangan mudah sombong  untuk tetap bergaul dengan kami, apalagi bisa nge-chill bareng minum es teh plus ngebayarin sobat-sobatnya. Wah alangkah damainya negeri ini~
*CHEERS*



Tidak ada komentar:

Posting Komentar